Rabu, 06 Mei 2009

Program PAUD di DS Meningkat 100 Persen

MedanBisnis – Lubuk Pakam
Program dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Deliserdang akan terus dikembang. Saat ini ada sebanyak 2.522 orang anak usia 3-4 tahun di daerah ini dibina dalam 114 komunitas kelompok bermain.

Sedangkan untuk Tempat Penitipan Anak (TPA) di enam lokasi tercatat sebanyak 58 orang yang kesemuanya dikelola pihak swasta dengan tenaga pendidik sebanyak 228 orang yang dilatih pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora). “Kondisi itu sudah meningkat 100 persen dari tahun sebelumnya,” kata Kabid Pendidikan Luar Sekolah, Drs Surya Jaya didampingi Kasubbag Program Pardo Sihite, di ruang kerjanya, Kamis (22/1).

Menurut Surya Jaya, program tersebut merupakan model pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dilaksanakan di Deliserdang. Selain itu, bina keluarga Balita dan Posyandu juga merupakan program PAUD, namun pengelolaannya ditangani Dinas Kesehatan Deliserdang. “Pengembangan PAUD sangat penting karena anak usia 0-8 tahun mengalami masa keemasan dalam peningkatan IQ. Hingga usia 4 tahun IQ anak sudah berkembang hingga 40 persen, sehingga sangat perlu adanya pendidikan khusus untuk anak usia seperti itu agar nantinya bisa tumbuh sehat dan cerdas,” paparnya.

Untuk pelatihan ini, Dikpora akan menanggung biayanya karena sudah diprogramkan dalam APBD Deliserdang dianggaran 2008 terkait program PAUD, Dikpora Deliserdang menganggarkan dana Rp 294.334.500 dan untuk tahun anggaran 2009 sebesar Rp.166.902.500. Dikatakannya,anggaran itu dialokasikan untuk mengembangkan PAUD terutama dari sisi kelompok bermain dan TPA.

Hal yang sama diungkapkan Kasubbag Program Pardo Sihite. Menurutnya, pada umumnya pendataan untuk PAUD agak sukar karena anak-anak usia 3-4 tahun mau datang kalau lagi suka bermain. Dana yang sudah ditampung dalam APBD, akan dikeluarkan melalui kegiatan seperti pelatihan kompetensi tenaga edukatif, pengembangan kurikulum dan bahan ajaran PAUD serta publikasi dan sosialisasi PAUD.

Sumber :Medan bisnis.com
24-01-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar